BLANTERORIONv101

HAL MENDASAR DARI PENELITIAN ADALAH BERTANYA DAN MENCARI TAHU

13 Oktober 2020

Banyak orang yang kebingungan dalam memulai penelitian, begitupun saya.
Video Richard Schwier tentang Research Fundamentals in Educational Technology sedikit banyak memberikan saya pencerahan dalam hal ini memulai penelitian. Dalam video berdurasi sekitar 27 menit tersebut Schwier menjelaskan hal mendasar dalam melakukan penelitian teknologi pendidikan, meskipun menurut saya apa yang Schwier jelaskan berlaku umum dalam semua konteks penelitian.
Schwier menerangkan bahwa setiap penelitian perlu berangkat dari pertanyaan dasar yang bagus, mengenai “apa yang begitu penting?” atau “hal apa yang menarik?”.
Pertanyaan mengenai hal penting atau menarik dalam teknologi pendidikan atau dalam konteks apapun merupakan dasar dari semua penelitian. Dimana pertanyaan dasar ini dapat berangkat dari masalah atau phenomena yang sedang terjadi ataupun dari hasil kajian orang lain. Pertanyaan inilah yang akan menjadi batasan atau scope bidang yang akan kita cari tahu jawabannya dalam penelitian.
Lalu apa yang seharusnya kit acari tahu setelah kita menemukan hal penting atau menarik yang akan kita teliti?
Setelah kita tahu hal penting atau menarik yang akan kita teliti, kita perlu mengajukan pertanyaan lanjutan. Schwier menegaskan bahwa dalam hal ini seorang penliti perlu mengesampingkan terlebih dahulu pemikiran mengenai metode penelitian yang akan digunakan. Karena menurut beliau, metode hanya sebuah alat. Jadi apapun yang dilakukan dalam penelitian harus berangkat dari pertanyaan dasar tadi, begitupun metode.
Ada 3 pertanyaan lanjutan yang akan membimbing arah penelitian yang akan kita lakukan, yaitu:
  1. Masalah apa yang terjadi? Apa masalah yang terjadi dalam konteks tertentu yang dirasa perlu diperbaiki? Pertanyaan ini bias berkaitan dengan masalah efektivitas, efisiensi ataupun kebermanfaatan suatu phenomena yang ada.
  2. Bagaimana kita menjawab pertanyaan tersebut? Pertanyaan mengenai cara kita mencari jawaban atas cara mengatasi masalah yang ada dapat kita jawab dengan mencari tahu. Dimana bagaimana kita mencari tahu ini dapat dkita lakukan dengan membaca, mengobservasi, ataupun bersadar pada hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh orang lain. Langkah ini dapat dibantu dengan pertanyaan seperti: apa yang masuk akal?; apakah cara yang ada sudah bekerja dengan baik?; apakah pantas cara yang sudah ada?; apakah cara yang ada tersebut bermanfaat?; ataupun apakah kita benar-benar sudah tahu?.
  3. Hal apa yang masih belum terjawab? Pertanyaan inilah yang sebenarnya akan menjadi kajian kita dalam penelitian. Hasil jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti: Apa yang terlewat?; Apa yang masih belum terjawab?; ataupun apa yang masih perlu digali? yang akan menjadi kontribusi      kita terhadap pengetahuan.

Schwier berulangkali mengatakan bahwa setiap langkah yang dilakukan dalam penelitian harus berangkat dari pertanyaan yang kemudian akan kita cari tahu cara untuk menjawab pertanyaan tersebut melalui cara-cara ilmiah. Tersepas berbagai metode seperti deduktif-induktif, particular-generalize dan sebagainya, penelitian tetap harus mengikuti arahan dari pertanyaan dasar penelitian. 
Jadi dasar penelitian khususnya teknologi pendidikan adalah pertanyaan mendasar yang bagus kemudian bagaimana cara kita mencari tahu jawaban atas pertanyaan tersebut.


mmalikibrohim
Instructional Designer | Video Editor

Komentar