BLANTERORIONv101

Cara Membuat Website Sekolah Menggunakan CMS Balitbang

18 April 2016

Kali ini saya akan mencoba berbagi cara melakukan installasi CMS Balitbang untuk website sekolah seperti yang saya lakukan ketika membuat website SDN Babakan 02, Kec. Tenjo. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan :
1.   Siapkan aplikasi-aplikasi pendukung yang diperlukan, diantaranya:
Browser, saya menggunakan Browser Google Chrome -  Download
Localhost (Server Lokal), saya menggunakan XAMPP V.7.0.2 - Download
CMS Balitbang, saya menggunakan CMS Balitbang versi 3.5.2 – Download
Artisteer (apabila ingin merubah tema/tampilan website), yang saya gunakan adalah Artisteer v. 2.3.0.25189 - Download
2.   Install browser (saya yakin aplikasi browser sudah terpasang di computer anda, selain chrome bisa juga menggunakan browser lain seperti Mozilla Firefox, Opera ataupun aplikasi browser lainnya) dan program XAMPP,
Cara Melakukan Installasi XAMPP (localhost)
3.   Buka program XAMPP yang sudah anda install sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini:
Control Panel XAMPP:
4.  Klik tombol start pada opsi Apache, MySQL, dn FileZilla, kemudian close saja aplikasi XAMPP nya karena localhost anda sudah aktif,
5.  Buka Browser anda dan pada alamat url tulis saja localhost/phpmyadmin dan enter agar anda masuk di database localhost anda seperti tampilan di bawah ini :
Judul Spoiler:
6.  Kemudian buatlah database sebagai media penyimpanan file website anda, caranya klik pada tab basis data, tuliskan nama databesa anda (disini saya memberi nama sdnbabakan02) pada kolom buat basis data dan kemudian klik tombol buat. (Jangan di close, biarkan saja)
Judul Spoiler:
7.  Buka file CMS Balitbang hasil unduhan anda, kemudian extract menggunakan aplikasi winrar atau 7z, rename folder tersebut (disini saya memberi nama sdnbabakan02), lalu copy folder tesebut ke dalam folder htdocs dalam directory XAMPP anda. (disini saya menyimpannya di directory F:\XAMPP\htdocs)
Judul Spoiler:
8.  Kembali ke browser anda, pada database yang sudah kita buat cari tab import, klik tombole choose file, dan cari file database.sql pada folder CMS Balitbang yang tadi kita copy ke directory XAMPP hingga muncul struktur database sepeti ini :
Judul Spoiler:
9.  Buat tab baru di browser dan ketik alamat url localhost/sdnbabakan02 (sesuai nama folder yang tadi saya copy ke folder htdocs) sampai muncul gambar seperti ini:
Judul Spoiler:
10. Baca seluruh informasi dan klik tombol saya setuju di pojok kanan bawah, pilih tingkatan sekolah pilih paket lengkap dan kilk lanjut,
Judul Spoiler:
11. Isi semua form yang tersedia sesuai dengan data website sekolah anda, untuk database hostname = localhost, database name = (sesuai nama database di localhost yang anda buat), database user = root, database password = kosongkan saja, kemudian isi profil sesuai dengan data sekolah anda, dan admin sesuai dengan keinginan anda, kemudian klik tombol install. Contoh pengisian saya sperti di bawah ini :
Judul Spoiler:
12. Selanjutnya klik tombol lihat web untuk melihat tampilan default web (bawaan awal balitbang) dan klik login admin untuk masuk ke menu admin. Untuk mendesain atau merubah tema tampilan website, dapat menggunakan aplikasi Artisteer.
Cara merubah tampilan/tema/template CMS Balitbang atau,
Cara mmembuat desain tampilan/tema/template CMS Balitbang menggunakan Aplikasi Artisteer
Judul Spoiler:
Judul Spoiler:
13. Untuk menu admin, masukan user dan password admin yang tadi telah anda buat sehingga anda dapat masuk ke menu admin untuk merubah data-data dan fitur di web sekolah anda.
Judul Spoiler:
Demikian tutorial cara melakukan installasi CMS Balitbang yang saya lakukan, semoga bermanfaat.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.