BLANTERORIONv101

Perbedaan Teori Belajar dan Teori Pembelajaran

18 Mei 2022

Theori >< Practice

Sederhananya, perbedaan antara teori pembelajaran dan teori belajar adalah bahwa teori pembelajaran mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, sedangkan teori belajar mengungkapkan hubungan antara kegiatan siswa dengan proses-proses psikologis dalam diri siswa, atau teori belajar mengungkapkan hubungan antara fenomena yang ada dalam diri siswa.

Berikut beberapa deskripsi perbedaan teori belajar dan teori pembelajaran:

No

Teori Belajar

Teori Pembelajaran

1

Tujuan utamanya memberikan proses belajar

Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal

2

Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar

Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar

3

Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar

Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar

4

Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran

Selalu menyebutkan metode pembelajaran

5

Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar

Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog

6

Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)

Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar

7

Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru  dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Salah satu contoh teori pembelajaran adalah

Teori elaborasi yang dihasilkan dari pengujian keefektifan strategi pengorganisasian pengajaran

ILUSTRASI CONTOH PERBEDAAN TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Sebagai contoh, bentuk deskriptif teori belajar mengungkapkan bagaiman terjadinya proses belajar yang mana terjadi dalam diri siswa. Misalkan proses belajar menurut pandakan teori belajar behavioristik, bahwa belajar merupakan perubahan perilaku yang tampak atau dapat diamati dimana hal tersebut disebabkan oleh adanya stimulus dan respon.

Sedangkan bentuk presktiptif dari teori belajar behavioristik ini bahwa teori pembelajaran yang menerangkan bahwa dalam pembelajaran, guru perlu memberikan sebuah stimulus kepada siswa agar siswa mengalami perubahan perilaku, seperti pemberian reward and punishment kepada perilaku siswa. Apabila siswa mencapai sebuah prestasi bealjar yang diharapkan maka akan diberikan reward, sedangkan apabila siswa tidak dapat mencapai perubahan perilaku yang diharapkan maka akan diberikan punishment. Hal ini akan menciptakan respon dari siswa sehingga termotivasi untuk merubah perilakunya seperti apa yang diharapkan. Selanjutnya guru Kembali memberikan stimulus dengan penguatan atau reinforcement seperti umpan balik, pujian ataupun teguran. Dengan demikian siswa akan Kembali memberikan respon, baik itu peningkatan perubahan perilaku ataupun koreksi menuju perubahan perilaku yang diharapkan atau yang dimaksud dengan terjadinya proses belajar.

Sederhananya teori belajar merupakan deskripsi terjadinya proses belajar, dan teori pembelajaran adalah preskripsi bagaimana cara agar siswa mengalami proses belajar.

mmalikibrohim
Instructional Designer | Video Editor

Komentar