BLANTERORIONv101

Dasar-Dasar Landasan Pendidikan (Resume)

30 Mei 2016

Tulisan ini saya buat dengan tujuan mengingat kembali materi perkuliahan yang saya pelajari beberapa tahun lalu ketika menempuh semester 1 PGSD saya, dengan harapan lain mudah-mudahan dapat memberi manfaat dan bukan hanya sekedar dianggap tulisan “spam”. Sebuah resume apa yang saya pelajari dari salah satu bab (Pendahuluan) yang ditulis oleh Dr. Dharma Kesuma, M.Pd. dan Drs. Dede Somarya, M.Pd. dalam Buku Ajar Landasan Pendidikan terbitan UPI Press. Bab ini bisa dikatakan merupakan sebuah pengantar kepada Bab-Bab selanjutnya dalam buku tersebut, dan Insya Allah akan saya coba buat resume serupa mengenai isi Bab-Bab lanjutan tersebut.



Studi Pendidikan dan Praktek Pendidikan merupakan dua bentuk kegiatan yang saling berkaitan dalam pendidikan.
Studi pendidikan merupakan seperangkat kegiatan individu yang secara eksplisit bertujuan memahami suatu prinsip, konsep atau teori pendidikan. Tujuan lain studi pendidikan secara eksplisit berkaitan dengan riset dan pengembangan (Research and Development), yaitu untuk menghasilkan produk teori dan praktek terpadu yang lebih baik.
Praktek Pendidikan merupakan seperangkat kegiatan bersama yang bertujuan membantu pihak lain agar mengalami perubahan tingkah laku yang diharapkan.
Dari penjelasan diatas, dapat ditarik pengertian bahwa Studi Pendidikan dan Praktek Pendidikan merupakan serangkaian kegiatan pendidikan yang terintegrasi, dimana seorang pendidikan sejatinya akan melakukan studi pendidikan terlebih dahulu untuk melaksanakan praktek pendidikan. Dimana dalam kegiatan studi pendidikan, sorang pendidik mempelajari prinsip, konsep dan teori pendidikan untuk kemudian mengimpementasikannya dalam kegiatan praktek pendidikan.

A.   Pengertian Landasan Pendidikan
Pengertian landasan pendidikan secara leksikal merupakan tumpuan atau titik tolak konsep, prinsip, atau teori yang dijadikan pembahasan kependidikan. Sedangkan pengertian landasan pendidikan secara stipulatif merupakan konsep, prinsip atau teori kependidikan itu sendiri. Jadi intinya landasan pendidikan merupakan dasar tumpuan dalam kegiatan studi pendidikan.
B.    Jenis-Jenis Landasan Pendidikan
1.    Manusia dan Pendidikan
2.    Pengertian Pendidikan
3.    Pendidikan sebagai Ilmu dan Seni
4.    Landasan Filosofis Pendidikan
5.    Landasan Psikologis Pendidikan
6.    Landasan Sosiologis dan Antropologis Pendidikan
7.    Landasan Historis Pendidikan
8.    Landasan Yuridis Pendidikan
C.    Fungsi Landasan Pendidikan
Beberapa fungsi dan manfaat seorang pendidik mempelajari landasan pendidikan dalam kaitannya melaksanakan kegiatan studi pendidikan, diantaranya:
1.    Mengetahui berbagai konsep, prinsip dan teori pendidikan dalam melaksanakan praktek pendidikan
2.    Memiliki sikap kritis terhadap pandangan-pandangan berbagai teori pendidikan
3.    Berkontribusi terhadap pola pikir dan kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan studi dan praktek pendidikan.
4.    Lebih meyakini dan menghayati tentang konsep, prinsip dan teori pendidikan

Referensi : Buku Landasan Pendidikan, Tim Dosen MKDP Landasan Pendidikan UPI, 2007.



mmalikibrohim
Instructional Designer | Video Editor

Komentar